Selasa, 31 Maret 2009

Honda All New Jazz RS vs Suzuki Swift ST

Bocah 15 taun skali2 nyoba komparasi de. haha

Spec :

Honda All New Jazz RS A/T :
-Engine : L15A, 4 silinder segaris, i-VTEC
-Kapasitas : 1497 cc
-Tenaga max : 120dk @ 6.600 rpm
-Torsi max : 145Nm @ 4.400 rpm
-Berat Bersih : 1.010 kg

Suzuki Swift ST A/T :
-Engine : M15A WT, 4 silinder segaris, VVT
-Kapasitas : 1.490 cc
-Tenaga max : 110dk @ 6.000 rpm
-Torsi max : 143Nm @ 4.000 rpm
-Berat bersih : 1.020 kg


1. Desain

*Honda All New Jazz RS
Secara umum, saya pribadi lebih suka dgn Jazz, lebih keliatan agresif, dgn garis2 bodi yg tegas, dan sedikit membulat pada bagian bumper. Lampu belakang kliatan kayak Mercedes A-Class, tp keliatan lebih menyembul dan seksi, jadi gak kaku kayak A-Class yg pantatnya lurus mutlak, makanya A-Class banyak dapet protesan "anak tirinya Mercedes Benz". Ditambah trim RS yang velg 16" n motifnya keren banget, bikin semua yg liat jatuh hati. Sayang punya saya udah diganti velgnya.. hihi.


*Suzuki Swift ST
Kalo Suzuki Swift moncong depannya terutama bagian kap mesin terkesan membulat dan lucu, headlampnya yg mencuat ke atas juga bikin desainnya tambah keliatan membulat. Diliat dari depan, secara garis besar mirip MINI Cooper nih Swift. Belakangnya menyembul, seksi, tapi kurang doyan ama lekukannya, kayak versi Jepun nya MINI Cooper juga, walau saya menyukai desain lampu belakangnya, agak2 mirip Toyota Yaris kalo lampu belakangnya, cuma ini keliatan lebih rapi daripada lampu belakang Yaris (peace yah pengguna Yaris ^^).


2. Performance & Efficiency

*Honda All New Jazz RS

Performa mesin 1.5L i-VTEC belom terasa pada putaran bawah, nanti kalo udah putaran atas, nah itu baru keluar ganasnya. 120 km/h pun tercapai dalam waktu singkat. Yup, di jalan tol, Jazz terasa lebih ganas, pernah saya nyoba sampe 120 km/h nggak kerasa, sampe akhirnya ketemu gerbang tol, kepaksa kurangin deh, padahal udah keburu nafsu pengen geber sampe tembus 150 km/h. Wajar, krn tenaga Jazz baru keluar pada 6.600rpm. Soal efisiensi, memang saya belum pernah mencoba mengukur secara riil, tapi secara nyata, Jazz lebih jarang mengisi bensin dibanding Swift. Terbukti kawin teknologi VTEC dan i-DSI ampuh mempertahankan efisiensi Jazz dari dulu sampe sekarang.

*Suzuki Swift ST

Tenaga Swift terasa pada putaran bawah, karena itu di dalam kota, Swift lebih enak diajak ngebut. Tapi di jalan tol, mentok2 saya geber ampe 100 km/h doang. Itupun udah gas pol. Memang, data dari majalah AutoBild akselerasi Jazz=Swift=10,5dtk, tapi blom pernah saya itung secara riil. Efisiensi, memang Swift jago di dalam kota, tp jarang sekali keliatan tangki bensinnya full. Mesin VVT 1.5L milik Swift masih belum bisa menaklukkan i-VTEC.


3. Features & Comfortability,Pracitcity

*Honda All New Jazz RS

Jazz dibekali banyak fitur, baik rem ABS,EBD+BA, Electronic Power Steering, dan satu fitur yang saya suka, PADDLE SHIFT! Rem ABS mengurangi jarak pengereman, jadi tdk perlu takut saat mengerem di kec. tinggi. Electronic Power Steering, bikin setir lebih enteng, mudah dibelokin. Dan PADDLE SHIFT! Bikin kesan fun to drivenya Jazz bener2 kerasa. Pindah tuas ke S mode, maka ia akan bekerja spt manual. Di Tachometernya, bagian fuel information ada display tulisan "M1 - M5". M = Manual. Emang bisa diaktifin secara langsung di tuas D, tapi gak asik donk, masih 1/2 matic 1/2 manual, mau ngebut ya harus full manual, hehe. Dan kerennya, begitu kita ngerem mendadak, gear akan otomatis turun, jadi ga perlu takut lupa turunin gigi waktu berenti. Msh banyak sih fiturnya, cuma saya jabarin aja yg menunjang pengendalian. Safety sih ada dual SRS airbag penumpang depan, dkk dll dsb. Tapi di majalah MOTOR terbaru(Covernya Hummer) ada yg kena kecelakaan pake Jazz, airbagnya ga fungsi. Berharap aja ini cuma kesalahan teknis.
Soal kenyamanan, Jazz boleh diadu. Ruang kaki baik penumpang depan maupun belakang luas. Ditambah sandaran jok yg empuk. Cuma yg kurangin kenyamanan cuma suspensi yg keras. Tp suspensi keras = handling bagus. Kepraktisan ? Juga boleh diadu. Bagasinya paling luas dari semua rivalnya, 384 liter.

*Suzuki Swift ST

Fitur Swift terbilang dikit daripada Jazz. Dasbor keliatan sederhana juga. Power steeringnya masih blom seenak Jazz. Setir masih terbilang berat. Ditambah rem yang (kayaknya) blum ada ABS. Tentu unsur fun to drive hanya terlihat pada performanya di dalam kota yang lincah krn dimensinya kecil. Ditambah belum dibekali safety yg memadai, selain seatbelt 2 titik.
Kenyamanan, Swift juga terbilang minim. Ruang kaki penumpang belakang terasa sempit, sehingga sulit bergerak leluasa. Sandaran jok emang enak, cuma tanpa ruang kaki yang memadai, untuk orang segede saya (70 kg). Suspensinya sih empuk, tapi tetap mengurangi handlingnya, saat membelok pada kecepatan tinggi, mobil terasa agak limbung. Kepraktisannya juga masih kurang, hanya muat 3 buah kardus kecil.


4. Value for Money

*Honda All New Jazz RS

All New Jazz RS A/T berada di kisaran 213,5 juta. Harga yang cukup mahal, mengingat Toyota Yaris facelift S Limited, 207,5juta dengan fitur yang sama. Mungkin wajar mengingat krisis global, namun wajarkah ini? Varian terendah, S M/T aja dihargai 191juta, jelas lebih mahal dibanding Swift GT2 maupun Yaris E

*Suzuki Swift ST

Harga yang diberikan Swift cukup sepadan dengan performanya(164,5juta). Namun terlihat mahal ketika anda memasuki ruang kabin belakang, yang ruang kakinya sempit. Dimensi yang lebih kompak dibanding Jazz membuat Swift lebih lincah dan mudah diajak ngebut. Harga Swift yang jauh lebih murah memang menjadi kelebihan tersendiri, terlebih unit ini sudah CKD / Completely Knock Down alias dirakit dalam negeri. Masih ada varian lain, Swift GT2 dengan bodykit dan velg sporty, 165,5 juta utk GT2 M/T dan 176,5juta utk A/Tnya.

Overall :

#1 : Honda All New Jazz RS

Meski harganya kurang bersahabat, namun keselamatan anda dijamin 100% dalam mobil ini. Ditambah fun-to-drivenya yang benar - benar membuat anda tidak mau melepaskan tangan dari genggaman lingkar kemudi. Apabila harganya lebih bersahabat, mungkin Jazz akan lebih merakyat dibanding generasi awalnya.

#2 : Suzuki Swift ST

Serba minimalis, baik harga maupun fitur. Ya, performa mesinnya memang asik di jalanan kota, namun kualitas dasbor dan ruang kaki pada baris kedua menjadikan Swift terlihat mahal dengan harga 164,5 juta.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

klo diatas kertas memang kalah sih, jadi penasaran pengen gangguin All New Jazz di TOL, Hidup Swifter lah pokoknya, Piss Gaannn

SetanAlas mengatakan...

penilaian anda tidak subjektif, mentang2 anda pecinta jazz....
"all u talkin about is just a fukin bullshit"

Unknown mengatakan...

Kaya'nya penilaian anda trlalu mengada2 dech. Coba pakai Swift GT boss.!! Rasakan performanya, Di bypass krian yg cma 4-5 km, swift mampu 140 kpj dgn mudah lho, pdhl muatan 3 org. Itu mgkanya sift berani ikut rally WRC. Coba kita bsa ktemu adu cepat ya, biar kebuka mata smpean boss.. Klo jazz RS lebih adil ditandingkn SX4 kayaknya. :-) :-)

Unknown mengatakan...

100km/h udah gas udah mentok? itu lo bawa swift apa supra x?

no offense yah. gue pernah bawa swift 160km/h dengan muatan 5 orang + bagasi full di tol jagorawi. dan belom gas belom mentok.

Unknown mengatakan...

Wah ngaco ni Abang :( gua dijalan pake swift ngadu ama jazz gak pernah kalah Hehe.. Bahkan jazz rs yg paling baru 2016..

Unknown mengatakan...

ngaco nih,swift mantap gan larinya,enteng gan,akselerasi jg mantap gan.