Selasa, 30 Desember 2008

Best Friends

Best Friends,mungkin kita sering denger kata2 ini, dari mulut teman kita,dari mulut siapa aja.

Namun,sebenarnya apakah arti dari "Best Friends" ini?

Beberapa teman kita mungkin sering ngaku "best friend best friend dll" sama kita, apakah itu benar? Apakah ucapan mereka tidak sekedar di mulut saja?

Terkadang,memang banyak orang yg cuma ngomong "kita kan best friend!" padahal kenyataannya apaan? Ga mau bantuin waktu temen susah,cuek bebek saat kita ada masalah,kacangin kita waktu lagi ngajak omong.

Di saat kita tanya "Loe tuh niat jadi best friend gw gak sih?" pasti dia menjawab dengan beribu macam alesan "Lo sante aja donk bro, bla bla bla" dan seribu jenis kata2 indah pun keluar dari bibirnya. Padahal dia sama sekali gak ada niat utk jadi best friend.

Best Friend itu identik dgn "Sahabat dekat /Sahabat karib",dimana selalu ada di saat kita membutuhkan,selalu berusaha menjaga hubungan baik,selalu memberi motivasi, tidak pernah menyesatkan,dan dapat menjadi panutan.

Bagaimana kita dapat menjadi seorang Best Friend bagi kawan2 kita?
Ada banyak cara, namun memang sulit utk menjadi seorang kawan setia,sahabat sejati,de el el yang jadi "hidangan pelengkapnya" kata "Best Friend"

1. Selalu memberi dukungan. Misalnya dia lagi sedih diputusin pacar / lagi naksir ama cewe terus cerita2 sama kamu, tentunya kita dituntut utk dapat memberikan suatu dukungan positif,seperti "wah,moga berhasil de dapet itu cewe,ntar kalo dah dapet traktir2 ya". Itu contoh kalimat yang biasanya dikatakan seorang Best Friend. Kata "traktir2 ya" itu bukan merupakan suatu tekanan, justru malah akan membuat kita semakin berusaha utk mendapatkan cewe yang dimaksud. Ya,mentraktir orang berarti kita berbagi berkat dengan orang lain. Sudah menemukan jodoh, jangan kayak "habis manis sepah dibuang" / temen lama dilupain. Makanya biasanya kalo orang yg baru sukses nembak biasa traktir temennya(Ga selalu sih), biar dia tetep dapat menjaga hubungan dengan kawan nya.

2. Share setiap masalah. Apalah gunanya best friend? Kalo ga mau saling share masalah. Justru best friend terkadang jadi temen curhat,tempat pelampiasan emosi,de el el. Tempat pelampiasan emosi? Gak salah? Ya, pelampiasan emosi itu tidak selalu negatif. Justru seorang best friend yang mau jadi tempat pelampiasan emosilah yang merupakan "Real Best Friend". Kalo diceritain masalah malah "ya itu kan urusan lo? apa hubnya ama gw?" itu bukan sikap seorang best friend yang baik. Banyak banget kok orang ngaku best friend,tapi sikapnya kalo diceritain masalah malah cuek bebek kayak ga peduli aja.

3. Jaga sikap dan perkataan. Kita harus bener2 care sama yang namanya "Best Friend". Harus bisa jaga sikap dan jaga perkataan. Bisa jadi ada kata2 kita yang malah menyakitkan hatinya. Mungkin di luar seorang best friend akan bilang "gpp gak usah dipikirin", tapi di dalam hatinya tentunya dia menyesal "kok best friend gw kek gini ya?". Misal kita ngomong "asuw" sama best friend kita, mungkin sekali 2 kali dia ga bakal marah, tapi lama kelamaan ya dia bakal mikir "wah sial gw dikatain asuw,best friend macem apa lo". Di luar memang seorang best friend bakal nahan emosi biar hubungan mereka ga retak gitu aja,tapi di dalam dia merasa dirinya dirugikan.

4. Saling memberi nasehat. Ini penting, seorang best friend sekalipun gak akan selalu belain best friendnya kalo dia emang terbukti salah. Misal temen kita curi barang, masa kita mau belain ampe dia terbukti bener? gak lah. Namanya orang nyuri barang ya salah, moso gara2 faktor bestfriend doang dibelain? Bisa digebuk massa kita. Justru kita malah jgn belain kalo dia salah. Kasih aja nasehat yg positif,biar dia tau apa kesalahannya. Terkadang justru kalo best friend kita salah, orang yg merasa dirugikan malah hindarin kita, padahal gak semua best friend selalu belain temennya sekalipun dia salah .Terkadang memang masih banyak sih yg ga paham, kalo salah ga dibelain ngamuk malahan,padahal kan utk kebaikan dia sendiri.

5. Bisa jaga rahasia. Seorang best friend tidak akan menyebarluaskan rahasia temannya, sekalipun itu rahasia kecil yang tidak penting. Terkadang rahasia yg suka disebarluaskan berupa "naksir cewe A naksir cewe B" n bukannya berhenti,pasti lanjut. Karena dia dah telanjur seneng bisa sebarin rahasia. Kadang juga ada rahasia memalukan dari temen kita , tapi ya jangan disebarin, kasian kan malah malu dia ntar. Kalo temen kita malu kita ga ngerasa bersalah , malah ketawa2, itu namanya orang gila atau istilah bahasa jawanya "wong edan",koncone isin kok malah ngguyu". Terkadang masalah ga bisa jaga rahasia / istilah lainnya "mulut ember" ini selalu jadi "benalu" dari hubungan Best Friend. Karena rahasia adalah harta karun seorang teman,bila tersebar maka tidak akan menjadi rahasia lagi. Ya wajar donk ada istilah ini, andaikan ada harta karun 1 peti isinya emas, kalo kesebar kan namanya bukan harta karun lagi? Justru itu dinamakan harta karun krn tersembunyi.


Ini 5 poin awal yang penting dari seorang Best Friend. Dan bila ingin menjadi seorang best friend untuk teman kita, pahamilah betul2 ke 5 poin utama ini. Bila sudah paham maka selamat, anda adalah seorang teman yang pantas utk menjadi seorang best friend bagi siapapun.

Tidak ada komentar: