Selasa, 29 Desember 2009

Everyone Has Their Own Uniqueness

sebenernya tulisan ini terinspirasi dari perbincangan tentang mesin mobil.... (loh???? apa hubungannya???)

yup, kalo anda a real-car-enthusiast... pasti anda bakal mengerti.... tiap pabrikan mobil punya cara tersendiri dalam membangun mesin mobil. coba anda lihat, apakah semua mobil dengan kapasitas silinder yg sama mempunyai HP dan torsi yg sama??
kita coba lihat dengan perbandingan ini, mesin 1500cc tiap mobil yang berbeda

honda jazz, 1500cc, 120 HP, i-VTEC SOHC
toyota yaris, 1500cc, 109 HP, VVT-i DOHC
suzuki swift, 1500cc, 100 HP, VVT DOHC
nissan livina, 1500cc, 109 HP, CVTC DOHC
mazda2, 1500cc, 103 HP, S-VT DOHC
hyundai avega, 1500cc, 98 HP, SOHC
honda freed, 1500cc, 118 HP, i-VTEC SOHC
dsb...

bisa dilihat sendiri, biarpun dengan cc yang sama, output tenaga yg dikeluarkan berbeda-beda kan? mungkin ada kesamaan pada HP toyota yaris dan nissan livina, namun keduanya mengusung teknologi bukaan katup yg berbeda, dimana yaris menggunakan VVT-i, livina menggunakan CVTC.

mengapa bisa berbeda?
ya itulah yang disebut keunikan. tiap mobil itu nggak ada yg sama persis. meskipun punya basis sama. bahkan produk kembar seperti avanza-xenia/terios-rush pun punya perbedaan meskipun tidak signifikan.

tentu, begitu pula manusia. manusia di dunia ini TIDAK ADA yg sama persis, bahkan semirip apapun anak kembar, tetap saja ada perbedaannya. entah itu sifat, hobi, dsb. jadi kita nggak bisa meniru orang lain, ngikut2 orang lain, tetep aja semirip apapun kita meniru, tetep akan ketauan. ibarat mobil yg telah dimodifikasi hingga menyerupai mobil lain, tetap akan ketahuan asal-usulnya, entah itu dari mesin,rangka, sampai STNK/BPKB.

Jadi kita nggak bisa maksa diri kita supaya mirip sama orang lain, begitu pula sebaliknya, kita nggak bisa selamanya maksa orang lain menuruti kemauan kita. krn sesuai judul di atas, everyone has their own uniqueness... setiap manusia punya keunikan sendiri-sendiri.

Tidak ada komentar: