Sabtu, 03 Oktober 2009

Ricers Around Us

Ricer?? Mungkin istilah ini agak asing buat kalian

Singkatnya aja ya, ricer itu sebutan buat orang2 yg ga punya aturan dalam modif mobil, cenderung ke arah NORAK/NDESO/KAMPUNGAN/DKK.

Note : istilah RICER hanya berlaku buat mobil harian, kalo mobil kontes mah ga ada istilah ricer, wong emang adu keren tampilan koq, dan mobil kontes ga dipake buat sehari - hari kan?

Contoh :
- Pake emblem yg ga sepatutnya, misal mobilnya toyota corolla tapi emblemnya diganti lexus... hmm... lexus corolla? memang lexus itu divisi luxury toyota, but... don't ever think if every toyota is a lexus.. lexus is a lexus... toyota is a toyota

- Ceper mampus di mobil harian, ini jelas ga fungsional donk, jalanan indo aja udah naek turun gunung gitu, masa ceper mampus? kalo ceper mampus pake airsus sih ok lah, masih fungsional, ketinggian mobil bisa diatur. tapi kalo ceper mampus gara2 potong per? no komen deh

- Spoiler extra gede di mobil FWD(Front Wheel Drive). selain nambahin beban di bokong mobil, grip buat roda depan juga berkurang, jd ga fungsional banget.

- Oversized rims (sampe ga keliatan karet bannya), ini sih bukannya keren malah bikin mobil tambah jelek, kesannya norak, dan ngga fungsional, knp? selain bantingannya tambah keras, konsumsi BBM tambah boros, larinya tambah lelet, di samping itu juga ga aman krn kondisi jalan yg rusak tentunya. Karet bannya beresiko sobek saking tipisnya.

- Sticker aftermarket (padahal parts aftermarketnya aja ga mampu beli/ga dipasang), misal sticker BREMBO tapi kaliper rem masih standard, sticker ENKEI tapi velgnya masih standard/merk lain, dkk lah, udah jelas kan maksudnya?

- Pemasangan emblem yg ga tepat, hampir sama kaya sticker, misal emblem Type-R dipasangin di civic biasa, jeroan nya standard pula.. what??? trus emblem V6 di mobil 4-cyl... ngarep banget jadi 6-cyl, emblem 4x4 di mobil 4x2.. ngarep juga.

- Fake mufflers, misal mobil yg standardnya cuma 4-cyl, 1 lobang knalpot bisa jadi 4 lobang... hebat kann??? padahal 4 lobang knalpot itu kan cuma berlaku buat mobil2 bermesin gede yg konfigurasinya udah V6/V8/V10 dst. Ini sih norak banget, apalagi kalo masangnya di mobil yg ga bisa lari

- Scissor Doors ak.a pintu gunting ala lamborghini diaplikasikan di mobil harian. pengen tampil keren? malah norak... keliatan ga mampu beli lamborghini tapi mobilnya dibikin2 kaya lamborghini.... udah gitu di tempat parkir malah susah.(perkecualian buat mobil kontes loh ya, secara mobil kontes juga pada pake pintu gunting)

- Tampilan mobil dimirip - miripin sama mobil lain, konversi bodi lah istilahnya

- dll

but a pity.... there are so many people like this around us.

Dan kadang orang2 kayak gini, kalo dibilangin malah ngeyel, dibilangin 'udah balikin standard aja, diginiin malah jelek' eh balesnya malah 'iri ye loe ama gw?'

modip boleh, tapi tau aturan donk, masa mobil harian dibikin kayak mobil kontes??? ceper mampus kayak mobil balap GT????(tampilan doang maksudnya, klo mesinnya sih ok lah.) jelas... DUIT YG KELUAR DARI KANTONG LOE SIA - SIA... Bukan tambah keren yg ada malah NORAKnya keliatan..... kalo mobil harian yang biasa - biasa aja lah, ganti pelek kek, pasang bodykit juga liat situasi-kondisi lah, pasang yang masih fungsional, yang ga terlalu ceper, biar aman dibawa harian. Kalo berduit sekalian dongkrak performa mobil malah lebih bagus daripada cuma modip tampilan luar.

Be Smart, untuk dunia modifikasi yang lebih mature!

Tidak ada komentar: